AKTIVITAS IDLE DARI KEGIATAN SEKOLAH

ARTIKEL, BOYS, FAMILY Join the Conversation

Pertengahan tahun 2016 c KK lulus TK B, artinya dia masuk SD. Harusnya….tapi saya cancel. Karena usia dia belum 6 tahun pada bulan juni. Emang kalau usia belum genap 6 thn ga boleh masuk SD?, boleh terutama swasta meskipun tidak semua sekolah menerimanya. Tapi untuk c Kk jikapun mau masuk SD dia masih bisa di terima di sekolah tertentu.

Terus kenapa ga di masukin sd aja? Saya melihat dia masih belum cocok, bukan berarti dia ga bisa, tapi saya hanya ingin menyantaikan waktunya sebelum sibuk dengan pendidikan resminya. Jadilah dia IDLE untuk satu tahun ini. jika ada yang tanya kenapa ga dimasukin TK lg aja? jujur saya jawab sayang uangnya, mending saya tabung untuk biaya di masuk SD. Dan juga pas dia saya tanya apakah mau TK lg atau tidak, dia jawabnya ga mau karena bosan. Ok, klop berarti dengan misi emaknya hehe.

Nah terus ngapain dong dia selama setahun ini ga ada kegiatan. Ada ko, tapi memang tidak rutin setiap hari. Selama 10 bulan terakhir ini saya masukkan dia ke berbagai les.

Pertama saya les kan dia berlajar membaca dan menulis selama kurang lebih 2 1/2 bulan setiap dua kali seminggu. Lalu saya masukan dia ke Les Robotic satu minggu sekali. Setiap sore dia juga belajar di TPQ (Tempat Pendidikan Quran), sekolah agama kalau kata anak 90 an mah. TPQ ini setiap hari senin-kamis jam 4-1/2 6, dan yang terakhir saya suruh dia les berenang seminggu dua kali. Nah progres dia selama Les ini sudah lumayan menambah skill dia selain itu dia juga jadi memiliki 4 buah piala yang salah satunya adalah Piala bergilir ibu walikota Bogor. Jika dia masuk TK lagi saya tidak yakin saya akan memasukkan dia ke berbagai les tersebut.

Aktifitas membuat prakarya atau penyampaian materi seperti di sekolahnya, semisal menempel, menggunting, mewarnai menggambar dan sejenisnya. Selain itu untuk menambah pemahamannya tentang sesuatu saya di bantu Youtube dan source website lainnya.

Untuk kegiatan outing yang biasa di lakukan sekolahnya dulu kami berusaha mengajak dia keberbagai tempat yang dulu atau kira2 akan dikunjungi anak2 TK. MUlai dari tempat rekreasi atau edukasi sekitar Bogor, jawa tengah dan jawa timur, dan beberapa negara tetangga dan agak jauh dikit. Juga sesekali mengikuti aktifitas outbound di Peyapeyo Bogor.

Selain itu, agar dia ga kehilangan jiwa 9 PILAR KARAKTER yang dulu diajarakan TK nya, saya sengaja beli buku panduan mengenai 9 Pilar ini. Setiap hari saya berusaha membacakan pilar ini seperti cara mereka menyampaikannya ketika saya ikut di dalam kelas dulu. Tentang 9Pilar ini saya akan bahas disini.

Saya selalu harus memiliki jawaban apapun yang dia tanyakan, karena setiap hari berhadapan dengan saya, semua pertanyaan dan ketertarikan dia akan suatu hal dia tanya ke saya. Jadi saya harus selalu baca dan memahami ini itu.

 

Meskipun begitu IDLE ini juga memiliki kekurangan buat saya dan c KK.

Butuh konsistensi ketika mengajak dia melakukan aktifitas seperti di TK, semisal membuat prakarya dan sejenisnya. Karena selain mengurus kedua bocil lucu2 itu, saya juga kan harus melakukan aktifitas lain, nah jadinya kegiatan dengan c KK ga konsisten dan jadi tidak terjadwal.

Kemudian mengenai aktifitas sosialnya, dia jadi tidak punya teman diluar lingkungan rumah. sedangkan teman di tempat les hanya kenal segitu-gitunya saja. tapi dia jadi tambah dekat dengan adiknya. Saya sering mengajak dia bertemu dengan anak teman2 saya yang sebaya.

Untuk c KK paling itu yang jadi kekurangan IDLE nya dia kali ini. Tapi saya jadi puas berada dekat dia seharian. karena jika sudah SD waktu kami bersama akan berkurang dan terbatas.

Kalau boleh jujur ini juga sebenarnya salah satu bentuk ke egoisan saya, karena belum bisa nerima dia akan masuk SD. selalu pengen dia jadi anak balita, tapi ya tentu saja hidup ini terus berjalan dan harus dilalui. #halah lebay ya hehe

 




Leave a Reply