LABSCHOOL PENDIDIKAN KARAKTER IPB ISFA BOGOR

ARTIKEL, BOYS Join the Conversation

Sebenarnya sekolah ini sudah pernah saya bahas di blog terdahulu, tapi biar lebih enak saya masukin lagi aja ya. Mungkin bisa dijadiin salah satu referensi ibu-ibu yang akan memasukkan anaknya ke PG atau TK di daerah Bogor.

Labschool Karakter pendidikan IPB-ISFA Bogor, waw panjang amat yak nama sekolahnya. Kalau ada yang tanya KK sekolah dimana biasanya kami bilang, “di labschool IPB”. Sekolah ini berada di Jl. Kabuyutan Bogor, daerah baranang siang deket Botani Square jalan arah ke Tol. Sekolah ini saya temukan ga sengaja ketika lewat situ pulang dari Botani.

Ada yang ingin saya menulis pengalaman, kesan dan kesal selama KK saya masukan ke Sekolah Labschool Pendidikan Karakter IPB ISFA yang ada di daerah cidangiang Bogor itu 😀

Baiklah saya tulis sesuai dengan pandangan kami, yang artinya ini sangat teramat sungguh Subjektif sekali.

 

Lokasi Sekolah:
Mayan jauh dari rumah (maksudnya bukan lingkungan sekitar rumah) meskipun begitu ternyata masih ada temannya KK yang lebih jauh. Semisal di daerah Yasmin dan bahkan katanya daerah Ciomas Hills, weiss salut buat anaknya. Nah hal itu menyebabkan saya harus pakai jemputan ke sekolah karena tidak mungkin saya antarkan sementara c Adek masih harus saya gembol. Dan jemputan ini termasuk dalam kategori mahal untuk rute Baranang siang ke Bantar Jati itu sebulan 500 rb PP. Lebih mahal dari biaya bulanan sekolahnya.

Plusnya buat saya Lokasi ditengah kota dekat kemana-mana (yang terpenting dekat RS). Mobil jemputan nyaman dan supirnya juga baik suka nganterin ke tempat selain rumah (kalau saya kebetulan belum pulang dan di rumah lg ga ada orang, dia anterin ke lokasi, pernah ke The Jungle dan Hermina Yasmin). Meskipun begitu buat saya adanya jemputan ini membantu banget. Saya lebih leluasa melakukan sesuatu selama c KK sekolah, dan c Adek ga terganggu perkembanganya (apaan sih wehehe).

 

Sekolah (Tempat):
ruangannya pas banget, dalam artian Ruang kelas PG A, 2 PG B, Kinder A dan Kinder B. selain itu ruang istirahat isinya kasur2 anak2, TV, lemari dsb. Gudang, dapur 4 kamar mandi dan Office dengan beberapa ruangan. Untuk anak PG yang hanya 10 siswa ruangan akan sangat luaaas sekali tapi untuk anak Kinder A yang isinya 16 orang ruangan itu terlihat kecil meskipun ga sempit. Tapi waktu kegiatan mengajar kadang di bagi dua, sebagian di dalam sebagian di Luar.

Lahan / daerah outdoornya lumayan luas apalagi taman di belakang sekolahnya, saya suka karena ada pohon yang besar, lapangan yang lumayan luas untuk anak2 beraktifitas tempat cuci kaki tangan/wudhu, tempat aneka maenan semisal perosotan dan ayunan dan bak pasir. Lorong yang ada di depan kelaspun mayan nyaman untuk dijadikan tempat belajar mengajar.
Selain itu ada ruangan untuk bermain indoor di depan yang meskipun tidak luas tapi cukup barangkali untuk anak2 anak yang lebih senang berlarian.

 

Guru/ staff:
Guru masih muda2 dan rata2 lulusan S1 dan Psikologi. Staffnya juga masih muda2 mungkin minimal lulusan D3, 2 satpam, 1 Gardener dan 1 Asisten yang trampil banget masak dan bersih2, perempuan. Mereka ramah dan sabar2 (semua sekolah TK juga gitu kali ya), Guru dan staf lalu menyambut anak2 datang di depan pintu dengan wajah senyum dan menyapa anak yang datang dengan menyebut nama dan , apa kabar?. jam berapapun anak datang pasti ada minimal satu orang yang menghampiri pintu dan menyapa, halo KK, apa kabar?sudah siap beraktifitas hari ini?, itu salah satunya.
Ya meskipun begitu memang tidak semua guru memiliki jiwa sayang anak2 dengan tulus, ya namanya juga kerja kadang saya suka tau mana yang dibuat2 mana yang tulus. tapi so far yang tulus ada beberapa dan yg ga tulus juga ga jahatin anak2 ko masih baik2…

Metode pembelajaran:
Untuk metode ini saya kurang ngerti dengan jelas karena mereka menyemboyankan 9 pilar karakter , apa itu 9 pilar karakter? ada disini. yang jelas sekolah ini benar2 mengkedepankan karakter, sopan santun, toleransi kejujuran dan sebagainya. terus terang untuk pendidikan Agama sangat kurang. meskipun begitu untuk anak2 muslim diajarkan doa2 harian di kelas. Kalau ingin lebih expert anak2 bisa mengambil extrakulikuler pulang sekolah yang salah satunya IFL (Islamic Fun Learning) setiap seminggu sekali. isinya mengenai doa2, cara wudhu solat, sejarah nabi, pengetahuan malaikat nabi dsb. KK baru akan ikut tahun di di Kindar B.

Untuk laporan kegiatan mereka memberikan 3 jenis laporan, pertama laporan harian yang berisi anak2 hari ini berlajar apa aja dan ngapain aja. misal jam 9 pilar karakter kejujuran, mereka melakukan kegiatan jual beli misal. jam 10 sentra masak, masak apa… dan ada laporan soal anak2 hari ini ngapain (khusus) misalnya hari ini KK di sekolah jatuh dan tangannya lecet. nah mereka tulis disitu.

kedua, laporan bulanan. berisi infromasi bulan ini mereka belajar apa, lagu apa yang dipelajari dan artikel/nformasi apa yang bisa dilakukan dirumah agar pengajaran dan pengasuhan anak selaras. misalnya diberi tahukan cara menegur yang baik atau menyarankan sebaiknya bagaimana bersikap ke anak biar lebih mandiri dan jujur, mereka memberitahukan caranya. Like it

ketiga, laporan semester/ tahunan. ini kumpulan report atau laporan perkembangan dan pencapaian target pertumbuhan (gimana ini kata2nya), intinya penjelasan mengenai perkembangan anak selama satu tahun.

 

Harga:
Nah ini pasti yang ditunggu2 dari artikel ini hehe..

Ok harga buat kami sesuai dengan yang didapat dan kalau saya bandingkan dengan nilainya, harga segitu dah sesuai (bukan promosi) karena saya punya teman yang sekolah di tempat yang lebih mahal tapi tidak mendapatkan ekpetasi sesuai dengan harganya.

Dulu waktu KK masuk PG B sekitar tahun 2012 harga pertahun 3.3 juta dan perbulan 300 ribu. ini sudah mencakup semua. termasuk field trip dan acara pentas seni misalnya. jadi ga usah iuran panggung atau dekorasi lagi. bener2 ga akan diminta uang ditengah2 atau ketika ada acara. kecuali sewa baju pentas, itu kita sendiri yang harus cari dan bayar.

Dan untuk masuk Kinder A dan B biayanya 6 juta /dua tahun biaya perbulan 400rb…

Sekali lagi INI HARGA TAHUN 2012, karena sekarang mungkin sudah naik. ya ambil aja sebagai perkiraan 😀.

EDIT:  biaya masuk sekolah labschool IPB ISFA Bogor tahun 2019-2020,

 

OK sekian dulu ya, sekali lagi ini PERSONAL dan sangat SUBJEKTIF, bukan berarti ga ada kekurangannya. Ada ko kekurangan dan ketidak sreg an saya sama sekolah ini. Tapi karena sekali lagi ini personal jadi ya isinya menjadi subjektif. Untuk info lebih banyak silahkan hubungi sekolahnya langsung di Jl. Kabuyutan Bogor, daerah baranang siang yang mau ke Tol dari Botani.

 




Leave a Reply