MEMBIASAKAN ANAK SUKA MEMBACA

ARTIKEL, BLOG, BOYS Join the Conversation

Anak pertama saya sangat menykai aktifitas membaca, buku apapun akan dia baca jika diberikan padanya. Berikut ini beberapa cara yang saya terapkan pada anak saya sejak dia kecil. Semoga tips ini juga berhasil untuk para orangtua yang ingin anaknya menyenangi aktifitas membaca:

  1. Ketika masih dalam kandungan sering dibacakan cerita apa saja, terutama yang bersumber dari buku.
  2. Setelah lahir, bacakan terus buku minimal sehari satu setiap malam atau pagi.
  3. Belikan/pinjam dari perpustakaan buku2 bergambar yang isinya/ ceritanya menarik.
  4. Buat anak selalu bertemu dengan buku, baik itu di kasur, ruang keluarga, ruang tv atau di tempat mainan mereka.
  5. Ajak anak ke toko buku setiap setiap ke Moll, buat persepsi klo dia ke moll itu untuk baca/beli buku.
  6. Berikan berbagai jenis buku, jangan hanya esiklopedia atau buku “berat” tapi juga komik atau majalah anak2, soal film atau drama atau musik juga tidka apa2, jangan dibatasi.
  7. Ajak anak menceritakan kembali atau tanyakan hal2 ringan soal buku yang dia baca, satu atau dua pertanyaan saja, tidak perlu seluruh buku. kecuali kalau anaknya yang mau.
  8. JANGAN MEMAKSA anak untuk membaca.
  9. CONTOHKAN oleh ibu dan ayah bahwa membaca buku itu menyenangkan. Tips diatas akan susah dilakukan jika ayah atau ibu tidak suka membaca. Jadi dimulai dari kita dulu. minimal baca timeline orang di medsos :p (*becanda).
  10. Perbaiki tujuan untuk apa anak mau baca. jangan memiliki tujuan agar anak pintar dan jadi kamus berjalan, tapi niatkan agar anak paham dan senang mendapatkan informasi baru. Tidak peduli nanti dia ingat atau tidak apa yang dia baca. Yang penting dia terbiasa mencari informasi dengan fun dan dia suka.
  11. Berdoa, Berdoa agar anak kita selalu mendapatkan ilmu yang baik yang memberikan  dia kebaikan setiap dia membaca buku.

Jika tips di atas tidak berhasil, jangan berkecil hati, mungkin anak lebih suka mendapat informasi dari mendengar atau menonton. Jangan membandingkan  anak dengan anak lain yang hobi baca, karena setiap anak memiliki minat yang berbeda.

Tips diatas berhasil saya terapkan kepada anak pertama saya. KK sangat suka buku, dia mudah sekali jika disuruh membaca. Berbeda dengan c Adik, jujur saya tidak sepenuhnya melakukan usaha diatas pada c adik, maklum anak kedua lebih santai :D. hasilnya? c adik tidak “secandu” kakanya dalam membaca buku. tapi masih mau dan masih kenal apa itu buku, ketika kakanya mengajak membaca buku, dia masih mau meskipun tidak bertahan lama.

Ingat! selalu sensor buku yang akan anak baca, usahakan kita baca terlebih dahulu buku tersebut, sebelum anak membacanya. Semoga bermanfaat




Leave a Reply