TIPS MENCARI DAN MEMILIH SEKOLAH DASAR

ARTIKEL, BLOG, BOYS Join the Conversation

Beberapa bulan lagi pembukaan penerimaan murid Sekolah Dasar akan di buka, terutama untuk sekolah Swasta. Untuk Orangtua yang anaknya sedang menempuh pendidikan TK B pasti sudah pusing mengenai urusan SD ini. Mau ke SD apa ya? Negri apa swasta, Ke sekolah yang berkonsep apa nih, Negeri, Islam Terpadu (IT), Sekolah Alam, atau sekolah internasional.

Berdasarkan pengalaman ketika mencari SD untuk anak saya, ada beberapa poin yang bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk memilih SD:

  1. Tentukan mau dimasukkan di SD apa anak kita, Negri atau Swasta.
  2. Cari informasi sebanyak2nya dari Sekolah tersebut dan alumni sekolah tersebut (wawancara anak dan ortunya), jika bisa dapatkan juga informasi dari “dunia luar” alias masyarakat bahkan kompetitor alias orang tua dari sekolah yang bersebelahan konsep. Karena kadang kita juga perlu pendapat dan pandangan kompetitor untuk menjadi tambahan poin keputusan. Dan untuk mensiasati jika hal tersebut terjadi.
  3. Persiapkan biayanya dan sesuaikan dengan kemampuan. Jangan memaksakan memasukkan anak ke sekolah yang sebetulnya kita tidak mampu dalam hal pembiayaan. Karena jika dipaksakan tidak akan baik untuk anak dan ortunya sendiri.
  4. Sesuaikan konsep sekolah dengan kondisi dan situasi anak. Misal: anak yang pendiam apa perlu di masukkan ke sekolah alam agar dia lebih aktif, atau anak yang aktif justru dimasukkan ke sekolah alam agar tersalurkan ke aktifannya. Itu semua tergantung ortu dan anak, lakukan survei dan evaluasi mendalam soal hal ini.
  5. Jangan masukkan anak ke SD karena gengsi ortu. Jangan pedulikan omongan orang tentang pilihan kita,
  6. Jangan masukkan anak ke SD karena ikut2an ortu atau anak lain tanpa survei terlebih dahulu bagaimana sekolah tersebut, bagaimana alumninya, bagaimana konsep sekolahnya apa cocok atau tidak dengan anak kita.
  7. Jangan menganggap sekolah pilihan adalah sekolah terbaik di dunia dan merendahkan atau menyepelekan sekolah lain. Ingat kita semua sedang berusaha memberikan yang terbaik untuk anak, jika hasilnya tidak sesuai itu sudah Qodarullah. Karena yang tau masa depan anak adalah Allah, kita hanya berusaha.
  8. Jika ingin masukkan anak ke SMP Negri yang berada di Kotamadya maka masukkan anak ke SD yang lokasinya di Kotamadya (ini untuk kondisi saat ini, mengenai zonasi).

Itu beberapa yang bisa saya share untuk mamak mamak yang akan dan sedang mencari SD untuk anak2nya. Semoga anak2 mandapatkan sekolah yang sesuai dan menjadi anak2 sukses dunia akhirat. Aamiin.




Leave a Reply