PENGALAMAN MENCEGAH DAN MENGHILANGKAN KETOMBE

ARTIKEL, BEAUTY, BLOG Join the Conversation

 

Rambut merupakan mahkota yang harus dijaga baik oleh pria maupun pria. Jika tidak di perhatikan dan dirawat akan banyak sekali masalah rambut yang dapat terjadi, salah satunya ketombe. Ketombe (juga disebut sindap dan kelemumur; dengan nama ilmiah Pityriasis capitis) adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu jumlahnya sedikit. Namun, ada orang yang mengalami secara terus menerus (kronisataupun sekali-sekali, pengelupasan dalam jumlah yang besar yang diikuti dengan pemerahan dan iritasi. *Wikipedia.

Ketombe dapat menghinggapi kulit rambut dan menyebabkan gatal dan perih jika terus digaruk. Saya pernah memiliki masalah dengan ketombe. Sebagai wanita yang memakai hijab, saya merasa kulit saya menjadi lembab dan bau jika seharian menggunakan hijab apalagi di cuaca yang panas. Rasanya menyebalkan sekali, apalagi pas ketika gatal, ih ampun deh bikin kepala jadi ikut pusing.

Karena sudah ga tahan akhirnya saya melakukan perawatan untuk menghilangkan ketombe ini, ya ga mau muluk-muluk lah setidaknya bisa menguranginya biar ga malu-malu amat gitu pas ketemu orang eh kepala gatal luar biasa.

Salah satu caranya adalah saya menggunakan Shampo anti ketombe, berbagai jenis Shampo sudah saya  gunakan akhirnya nemu satu Shampo yang ga bikin rambut kering. Selain itu, saya mencoba menggunakan bahan-bahan alami yang katanya dapat menghilangkan ketomba. Ada banyak sekali bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe, tapi saya cocok dengan 3 bahan di bawah ini. Karena ada beberapa bahan yang malah membuat kulit kepala saya jadi perihdan iritasi. Nah teman kalau kalian mau menggunakan bahan alami menghilangkan ketombe, coba dulu ya, karena tidak semua orang cocok terhadap bahan tersebut, ergantung penerimaan kulit kalian.

Bebapa bahan yang masih saya gunakan untuk mengurangi dan menghilangkan ketombe diantaranya:

  1. Lemon

Lemon buah ajaib yang bisa menjadi obat kulit apapun, selain untuk mengurangi muka berminyak/berjerawat, juga bisa mengurangi ketombe bahkan menghilangkannya jika rutin dilakukan.

2.  Vinegar

Cuka yang satu ini lagi booming karena keajaibannya dalam merawat dan mengobati muka bermasalah, saya belum coba untuk muka, tapi untuk kulit kepala sudah saya coba dan hasilnya mayan membantu mengurangi ketombe.

3. Coconut Oil ( Minyak Klentik)

Minyak Klentik ini sudah terkenal turun temurun dalam merawat rambut, selain bisa mengkilaukand an menghaluskan rambut juga bisa menguatkan akar rambut dan membersihkan kulit kepala, yang otomatis mencegah ketombe.

Saya membuat minyak klentik untuk kebutuhan sehari-hari. Caranya gampang banget. Santan kelapa tua di didihkan dengan terus diaduk hingga tersisa 100-200 ml minyak klentik dari satu buah kelapa tua. 

Ketombe tidak akan bisa hilang selamanya hanya dengan sekali pengobatan, butuh perawatan dan produk kepala yang sesuai secara kontinu. Jadi rawatlah rambut agar selalu bersih sehingga ketombe ga mudah datang kembali.

 




Leave a Reply