ARTIKEL, BEAUTY, BLOG

PENYEBAB BAU MULUT

Join the Conversation
Freepik.com

Sekitar dua minggu yang lalu saya bersama suami nonton Avengers:EndGame di XX1 Botani. Sehari sebelumnya saya sudah pesan tiket agar duduk di tempat yang stategis. Pas masuk ke bioskop saya duduk disamping teteh-teteh seumur mahasiswaaan kali ya, yang sepertinya datang bersama teman laki-lakinya, entah pacarnya atau bukan. Ketika saya duduk dia sedang antusias bicara k temannya tersebut tanpa balasan dari temannya. Daaann U Know What? Mulutnya bau banget, padahal belom bulan Ramadhan waktu itu. Gila ya pantes tu cowok duduknya agak menjorok ke arah berlawanan dari dia, dan ga jawab sedikitpun. Dan saya sebagai yang juga duduk di sampingnya merasa pengen muntah sumpah. Saya berharap Film segera di mulai agar diaga ngomong alias mingkeum. 

Akhirnya Film di mulai, dia diem dan tau ga sih meskipun ga ngomong, udara bau dari entah napasnya atau dari madanya muka dia bau banget, saya jadi ga konsen sumpah nontonnya. Aku kesel banget akhirnya aku tawarin permen Fisherman ke dia, untungnya dia dia mau dan memakannya. Kebayang ga sih klo sepanjang film menghirup udara bau? bisa2 pingsan saya. Maaf aja ini ya, mungkin terdengar lebay tapi ini beneran, dan saya suka sensitif sama bau-bauan badan orang. 

Bau badan dan bau mulut (Halitosis) kadang tidak disadari oleh pemiliknya, merasa sudah gosok gigi atau mandi jadi tidak begitu merasa kalau ternyata mulut atau badan kita ternyata mengeluarkan aroma busuk untuk sekitar. Nah Khusus untuk bau mulut, apalagi di bulan Puasa ini, saya akan menjelaskan beberapa penyebab bau mulut yang saya catut dari Alodokter.com.

Menurut Alodokter.com ada beberapa penyebab bau mulut, diantaranya:

  1. Xerostomia, yaitu mulut kering yang terjadi karena gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut. Biasanya ini akibat kurangnya gerakan mulut seperti pas Puasa, karena kita tidak makan dan minum, sehingga mulut kurang menghasilkan air liur.
  2. Gangguan saluran pencernaan, seperti infeksi bakteri H.pylori yang menyebabkan sakit maag dan penyakit asam lambung (GERD). Asam Lambung yang naik ke tenggorokan menyebabkan napas kita membawa aroma lambung tersebut keluar, sehingga ketika sedang berbicara atau bernapas mulut aromanya menjadi bau.
  3. Sinusitis yang menghasilkan post nasal drip atau aliran cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan. Ini kadang bisa kita rasakan ketika pilek atau batuk berdahak, kadang kita suka merasakan aroma dahak yang tidak menyenangkan.
  4. Pengaruh kondisi lain, seperti diabetes, gangguan hati, atau infeksi saluran pernapasan
  5. Faktor Usia, kadang saya menemukan orangtua paruh baya dan di atasnya beraroma khas bau mulut yang bikin tidak nyaman, padahal  ketika di tanya mereka sudah gosok gigi, tapi memang mungkin harus lebih intesif lagi atau menggunakan produk yang cocok, tapi menurut saya faktor usia inilah yang menyebabkan bau mulut.

Nah terus gimana dong biar kita bisa meminimalisir bahkan mencegahbau mulut tersebut:

  1. Gosok gigi teratur terutama setengah jam setelah makan besar.
  2. Tahapan gosok: gunakan toothpick terlebih dahulu agar sisa kotoran di gigi hilang sama sekali, gosok gigi menggunakan pasta gigi, lalu kumur2 dengan cairan Moutwash.
  3. Kumur2 dengan air bersih setelah makan cemilan
  4. Banyak minum air putih
  5. Jaga kesehatan lambung dengan mengkonsumsi sayur dan buah.
  6. Jangan sering-sering makan Petay dan Jengkol atau makanan yang berbau lainnya
  7. Selalu bawa permen mint atau permen apa saja yang dapat menghilangkan bau mulut.
  8. Rajin kontrol ke Dokter Gigi.
  9. Bersihkan karang gigi maksimal 2 tahun sekali.

Dan yang paling penting, Plis tanya ke teman atau kerabat apa semala ini mulut kita bau? jangan gengsi apalagi tersinggung kalau ada yang ngasih permen atau berkata langsung memberitahu kalau mulu bau. Justru harus berterima kasih karena kita bisa hati2 kedepannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *